Ngobrol Bareng Ngayal Bareng

Bosen Kuliah ? , Sama aku juga…..

Bosen Kuliah ? , Sama aku juga…..

Makul pagi, ujian susulan, remidi, bimbingan dosen, skripsi, tugas akhir, tugas kuliah, praktek, blablabla.. adalah terkadang bikin pengen beli mesin waktu balik ke jaman sekolah, yang ketawa bareng temen-temen, kalau dapat nilai jelek masih bisa ikut susulan atau nangis-nangis di depan guru biar dapet tambahin, lhaa Kuliah?? Boro-boro, mau nangis?? Ngrengek??, ketemu dosen aja susah, apalagi yang baru skripsi atau tugas akhir adalah ujian mental mahasiswa, apakah lanjut?? Atau patah semangat.

Kuliah, udah beda dari jaman sekolah dimana bisa ngerjain bareng, ketawa bareng, nangis bareng. Kuliah itu udah balik ke tanggung jawab individu, dan gak bisa ngandalin teman kaya jaman sekolah dulu. Mungkin masih bisa di beberapa hal tertentu, tapi saat ujian skripsi atau tugas akhir kita hanya ngandalin diri sendiri.

media dari -  -merdeka.com

media dari – -merdeka.com

Semester awal, ini kisah paling seru dimana ketemu temen baru dan mulai coba dunia pendewasaan yang baru, nongkrong sana nongkrong sini. Ngerjain tugas bareng, biarpun tugas kelompok yang ngerjain Cuma beberapa orang aja.

Baca Juga : Tipe teman saat tugas kelompok

media info dari -ayobuka.com

media info dari -ayobuka.com

Semester pertengahan, ini waktu dimana mental kita udah mulai terombang-ambing bak perahu kertas ditengah lautan badai yang besar. Lanjut apa ga?…lanjut apa ga?… datanglah perasaan bosan, karena mata kuliah yang diambil udah mulai sedikit berat, dan dosen yang ngajar udah mulai seriusan. Tiap pagi, bangun masuk kuliah pagi. Udah mulai mengendor semangat djoeang, nitip absen. Yaaa..kalau bisa, kalau gak. Sukur-sukur masih serumah sama keluarga, masih ada yang ngomelin paling nggak khilaf Cuma beberapa persen aja, kalau kos???.. siapa coba yang ngingetin, mana biaya print tugas, praktek udah mulai menggerogoti tabungan.

media dari -  -merdeka.com

media dari – -merdeka.com

Alhamdulillah, Mingsri pernah kuliah. Pernah juga ngrasain hal yang sama, ini tips biar gak bosen kuliah :

  • !!!, pasang target buat diri sendiri, mau berapa semester buat nyelesain kuliah. Share target kalian ke sahabat yang bisa diandalin, biar kita dapet semangat dan berbagi semangat.
  • Part Time nahh, ini penting banget buat nambah uang saku. Coba cari lowongan kerja yang bisa atur waktu dengan kuliah, disitu kita akan mulai sibuk dengan dunia kerja dan kuliah jadi gak ada lagi waktu bengong buat mengeluh. Selain itu juga, dapet uang tambahan sukur-sukur bisa bayar kuliah sendiri, itung-itung belajar mandiri dan pasti orang tua bangga.
  • Pilih temen, eits..bukan berarti pilih-pilih ya. Cuma kita udah mulai dewasa, ada koridor tersendiri mana temen buat happy-happy mana temen buat seriusan, biar gak kacau. Ini penting, karena sebagian besar diri kita terbentuk dari lingkungan.
media dari muria.co

media dari muria.co

  • Ini sih tergantung kampusnya bisa atau ga, ambil mata kuliah semester atas atau semester pendek, disini kita bisa ketemu sama orang yang lain suasana lain disamping itu juga, mata kuliah kita juga berkurang.
  • Gaya belajar, temuin gaya belajar. Missal kalau bosen baca materi kuliah, bisa sambil main ke kosan temen ganti suasana, main tebak-tebakan kalau salah bayar denda, dendanya akhir semester bisa buat piknik, atau karena udah punya uang saku sendiri bisa sambil nongkrong di café yang nyaman sambil googling-googling materi tapi tetep konsekuen
  • Mencatat, ini penting karena jaman sekarang serba digital kalau ada materi kuliah tinggal di poto “cekreekk” dan 99% gak akan dipelajarin. Karena otak manusia gak akan bekerja kalau gak ada yang menstimulasi, jadi mencatat itu penting. Catet aja bagian-bagian penting di materi kuliah, bikin sticky note biar selau inget.
media dari -bintang.com

media dari -bintang.com

Ada kok, orang sukses gak harus kuliah.. emang ada, buanyaakk. Jangan lupa, pencapaian mereka karena mereka tanggung jawab atas diri mereka sendiri, ketika kita memutuskan untuk kuliah disitu juga ada tanggung jawab yang harus diselesain, sukses gak harus kuliah kok. Memang,  Tapi HARUS dan WAJIB bertanggung jawab pada diri sendiri.

media dari -daftarmenarik.com

media dari -daftarmenarik.com

Semoga tips dari pengalaman pribadi Mingsri bisa jadi inspirasi. Karena kuliah bukan masalah lulus aja, kuliah itu soal tanggung jawab pribadi kita. Udah layak belum diri kita ini beranjak dewasa, bukan juga masalah nilai A+ atau B+ tapi soal pencapaian kita, kalau toh mampunya dengan nilai standar rata-rata juga gak masalah, yang penting jangan pernah patah semangat dan berhenti berkreasi. Ingat, jika kalian di biayai orang tua, ada harga yang harus dibayar atas biaya yang beliau-beliau ini keluarkan.

Buat mahasiswa, mahasiswi yang udah mulai terombang-ambing bak perahu kertas di tengah lautan badai yang besar (*copas kalimat atas 😀 ), kalau mau curhat, ngluarin uneg-unegnya mau berbagi pengalaman langsung klik : info@diingklik.net

 

Facebook Comments
1883 Total Views 6 Views Today

Top