Ngobrol Bareng Ngayal Bareng

Kamu Sering Di “Bully”? ada tips cara menghadapinya

Kamu Sering Di “Bully”? ada tips cara menghadapinya

Bully adalah kata umum yang sering terjadi pada kita yang menghadapi ancaman, kerkerasan ataupun tindakan yang tidak menyenangkan buat kita. Bully bisa terjadi dilingkungan kita. Kita bahas apa dampak bully buat kita dan bagaimana cara kita menghadapinya.

Jangan sampai kita jadi Bully Boy (korban bully cowok ) atau Bully Girl (korban bully cewek).

Bully sendiri ada beberapa kategori lho,

dikucilkan

media dari info-bogor.com

Pertama yaitu Direct bullying :

intimidasi secara fisik, verbal. Jadi langsung main fisik sama kita. secara kadang kita secara fisik lebih kecil dari para pelaku bully atau kadang kita kalah banyak.
Dan yang kedua Indirect Bullying: isolasi secara sosial. Nah ini yang sering terjadi pada bully cewek. Dikucilin dari temen-temen atau semua orang jadi membisu. Seperti sendiri dikota penuh zombie.

Buset dah liat kategori bully semua nggak enak banget buat kita, terus Dampaknya buat kita jadi susah makan, sakit fisik, ketakutan, rendah diri, cemas, dan lainnya. Itu dah parah banget. Apalagi kalau berlangsung lama. Prestasi sekolah anjlok, Minder kurang percaya diri, Depresi total.

Terus apa mau bakalan hidup seperti ini terus sepanjang hidup kamu?

Mari kita hadapi dengan kekuatan penuh.

1. “Tatapan Tajam” Kalau pembully kita bermain fisik pada kita. Pertama kita kumpulkan keberanian kita dan mengerahkan semuanya dengan memberi tatap mata pembully kita dengan tatapan tajam, bayangkan kita super hero yang siap membasmi kejahatan kemudian berdiri tegap terus teriak sekencang-kencanganya “CUKUP!!!” atau “BERHENTI!!!

fightback

media dari prosehat.com

2. “Fight Like SUPERHERO” artinya kita membela diri jika pembully kita melakukan kekerasan fisik dan jangan takut kalah atau kalah besar. Kepalkan tangan kamu berbentuk sebuah tinju maut, dengan penuh percaya diri “HANTAM” mereka. Ingat hanya untuk membela diri

3. “Jangan dengarkan” artinya jangan dengerin kata-kata pembully kita yang bermaksud menyakiti hati kita. Jangan dimasukin hati. Slow aja. Cuek aja apa yang mereka omongin yang bermaksud menyudutkan kita. Apalagi didunia maya.

4. “Lawan balik dengan cerdas” kita lawan mereka dengan otak cerdas kita. Jangan ikut permainan mereka. Jangan balas hinaan mereka dengan hinaan. Karena itu keinginan mereka yang pengen kita marah. Cukup bilang “Berhenti!!!” dengan suara yang keras. Atau kita bisa pura-pura bodoh saat mereka menghina kita, kita cukup bilang “apa?” dengan nada orang bingung yang membuat hinaan nggak ada artinya.

Nggak ngefek BRO

cari bukti

media dari cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Nah kalau itu semua dah kita lakuin ada tahap selanjutnya jika masih terus dibully
Kita lapor sama orang terdekat kita. Teman curhat, Guru, Kepala sekolah dan terutama Orang Tua kita atau yang kamu anggap Tua. Kita kasih bukti-bukti aksi mereka. Sekarang udah jaman modern, ada banyak cara kita cari bukti, contohnya kita rekam suara atau video. Terus kita juga bisa pake saksi mata atau teman deket kita buat bilang kebenarannya. Kalau masih belum puas. Bilang ke pihak berwenang biar pelaku jera. WOW.

Nah itu Tips Buat kamu lepas dari Bully dan bisa buat kamu jadi Kuat menjalani hidup. Selamat menjalani kehidupan bebas kamu.

fresh

media dari www.itechsum.com

Buat kamu yang tak ingin dibully ada cara buat mencegah bully. Kamu bisa klik Anti Bully atau kalau kamu ada kasus bully dan pengen kita bantu atau curhat kamu bisa email kita di kenalan@diingklik.net kita bakal bantu kamu. OK. sebarkan ini ya. buat bantu teman-teman kamu

Facebook Comments
2108 Total Views 9 Views Today

Top