Ngobrol Bareng Ngayal Bareng

Ketika Ada Sepasang yang Terlalu Panjang

Ketika Ada Sepasang yang Terlalu Panjang

 

Sudah lama kita tahu ada barang yang namanya kaos kaki. Dari warna sampai rupa (apalah jenisnya), kita bisa ketemu sampai beli. Mereka pun banyak dijual di tempat-tempat straegis, dari supermarket, pasar tradisional, toko sepatu, sampai kios PKL pinggir jalan.

Di tulisan sebelumnya, kita udah ketemu sama trend kaos kaki bolong. Ya, kalau menurut penulis sih amit-amit pakai yang bolong, orang yang waras aja Rp10.000,00 dapet 3, iya ‘kan? Tapi semua kembali lagi ke orangnya sih, mau pakai yang bolong apa yang waras.

Kali ini, penulis mau ngebahas tentang trend kaos kaki yang lain lagi. Kaos kaki yang dipakai sampai sisa 10km di telapak kaki tapi cuma nongol 1cm di mata kaki. Nggak usah sok nggak tahu, pasti temen-temen kita di masa SMP sampai SMA banyak yang ngelakuin. Atau jangan-jangan, kamu sendiri nih?

Sebenernya sih kalau dipikir panjang-panjang (seperti jalan Anyer-Panarukan) emang mereka susah buat masuk ke logika kita. Kok bisa? Ya iyalah, orang yang buat kaos kaki ‘kan udah semedi bahkan sampai dapet wahyu dari kahyangan cuma buat nentuin model kaos kaki yang paling enak dipakai masyarakat. Tapi, ada 100 orang ya pasti ada 100 otak. Mereka punya aja alasan buat debat sama kita. Ya, diantaranya sih ini.

  1. Biar keliatan cool gitu katanya

media dari  -mukhlishoh1988.wordpress.com-

media dari -mukhlishoh1988.wordpress.com-

Ada sih temen-temen penulis yang beralasan seperti ini. Emang juga, di negeri seberang emang udah jadi trend. Biasanya juga, apa yang dikenal di negeri orang kalau dipakai disini bisa jadi cool alias keren. Bahkan, produsen-produsen sepatu yang juga ngebuat kaos kaki udah mulai melebihkan jumlah produksi kaos kaki pendek. Makanya, si anak-anak SMP-SMA langsung cuss aja deh nyontek trend itu. Tapi eh tapi, kalian kan sekolah ‘bro! Apalagi, kaos kaki sekolah kalian ‘kan seragam, apalagi ‘kan biasanya juga ada label sekolah kalian. Orang juga anak TK aja udah pakai kaos kaki yang ada label sekolahnya, masa kalian kalah di depan mereka? Ya cool sih cool, tapi apa kalian siap nerima risiko: dihukum guru BK? Setahu penulis sih, mereka-mereka yang pakai kaos kaki pendek begituan, kebanyakan juga disuruh ‘manjangin’ lagi kaos kakinya. Lebih parahnya malah suruh beli yang baru. Jadi, gimana?

  1. Biar bisa bilang “Adem bener, aahhh…”

media dari -vidogarment.com-

media dari -vidogarment.com-

Emang juga sih, kalau kaos kaki pendek lebih adem dan kalau bahasa Jawanya ‘silir’ gitu. Bener, nggak salah kok! Ini alasan IPA-nya. Panjang kain yang pendek bisa membuat pori-pori kulit kaki (yang biasanya juga penuh hutan lebat) bernafas lebih lega. Karena eh karena itulah, mereka beralasan-alasan yang emang sih aslinya cuma buat ngebela opini mereka. Sekali lagi, kebanyakan pelakunya sih anak SMP-SMA yang notabene masih terikat aturan sekolah. Sama, udah siap belum masuk ruang BK? Kalau belum, sarannya sih aslinya beli aja kaos kaki yang kainnya agak tipis gitu. Emang sih, biasanya ada di boks obral yang ada poster 20%, 50%, sampai 70%. Nggak PeDe? Stay cool, yang penting ‘kan kalian masih pakai kaos kaki. Di sisi lain, kalau itu kaos kaki dipakai bener, aslinya sih kalian juga lebih cakep. Kalau kalian terikat sama kaos kaki seragam, pakai aja sambil nyanyi “biarkanku menggapaimu, memelukmu, dan menjagamu…”. Iya kan? Daripada kenalan panjang sama guru BK, lebih enak sama guru Bahasa Inggris lah (kalau Bu Guru cantik, kalau Pak Guru itu sih kasihan deh lu!).

  1. Cita-cita aku sih jadi penyelam, makanya training dulu pakai sepatu selam

media dari - vi.aliexpress.com-

media dari – vi.aliexpress.com-

Konyol? Emang! Tapi penulis udah sering banget denger alasan konyol ini. Ya, semasa SMP kelas 7 gitu, penulis punya temen cewek yang cerewet sama pinter cari alasan. Pas ada UH Geografi gitu, guruya liat ada pelanggaran kartu merah (kebetulan gurunya juga wakasek kesiswaan), langsung aja deh guntur gemuruh datang menghampiri. Dia ternyata sengaja membuat pendek kaos kakinya di bagian pergelangan sampai mata kaki, tapi dipanjangin di bagian telapak sampai jari kaki. Ya, namanya dia bawaanya suka bercanda, dia ‘keceplosan’ bilang kalau ia mau jadi penyelam, makanya belajar dulu pakai sepatu selam. Sampai segitunya, kami teman sekelasnya langsung aja ketawa. Yah, untungnya gurunya udah tahu bawaan dia kaya gitu. Ya udah deh, dia malah ngeluain soal dan langsung UH. Jadi, ada dari kalian yang pernah begituan? Kalau pernah, imajinasi kalian terselamatkan.

  1. Karet di ujung adalah musuhku

media dari -tripgabungan.com

media dari -tripgabungan.com

Ya, kaos kaki panjang kebanyakan punya karet ujung yang cenderung lebih ketat dari kaos kaki pendek. Ini juga jadi alasan mereka buat pakai kaos kaki pendek. Lalu, apa hubungannya? Katanya sih, kalau kaos kaki yang karet ujungnya ketat bisa menciptakan crop circle yang sungguh mengganggu penampilan. Alasan ini banyak diutarakan sama anak-anak cewek usia SMP-SMA. Emang bener sih, tapi ‘kan itu fungsinya biar kaos kaki kalian nggak gampang minder dan sembunyi di sepatu kalian. Jadi, kalau kalian masih aja pakai alasan beginian, keliatannya nggak perlu dilanjutin deh. Toh juga menurut penulis, kaos kaki pelajar karetnya juga akan melar pas umurnya bahkan baru sebulan. Ya, ini juga jadi ciri khas kaos kaki pelajar selain bau tentunya. Hahahaha……

media dari -gayatasi.com-

media dari -gayatasi.com-

So, kalian pribadi mau pilih yang mana? Kaos kaki pendek apa panjang? Kalau penulis boleh kasih saran buat kalian yang terikat sama kaos kaki seragam sekolah, mendingan tunda aja dulu buat pakai kaos kaki pendek ke sekolah. Kalian beli boleh aja kok, cuma dipakainya pas hangout aja. Kalau kalian di sekolah yang kaos kakinya boleh bebas, ya itu kembali lagi ke aturan sekolah. Selama boleh, silahakan aja sih. Tapi jangan keterlaluan juga! Ingat, kalain masih pelajar!

Jadi, kaos kaki pendek pakai yang sewajarnya aja sih, nggak perlu yang terlalu mewah (apalagi yang terlalu bau). 😀

Terima kasih.

 

Oleh: Kristian Adhi Prasetyo

Facebook Comments
2164 Total Views 12 Views Today
Tags:

Top