Ngobrol Bareng Ngayal Bareng

Lulus SMA, pilih kerja apa kuliah ? ? ?

Lulus SMA, pilih kerja apa kuliah ? ? ?

Kamu yang lagi bingung pilih lanjutin kuliah apa kerja dulu, coba rileks dan baca ini dulu..

Kerja bukan soal punya penghasilan sendiri, kamu wajib tahu apa sebenarnya kebutuhan kamu saat ini. Faktanya banyak di belahan dunia ini, yang gak sanggup melanjutkan kuliah karena keadaan ekonomi padahal prestasi dan keinginannya lebih besar daripada mereka yang kuliah cuma asal masuk aja. Tanpa mendiskriminasikan sebelah pihak, terkadang dunia itu memang agak lucu juga sih.

media dari -chapter3d.com-

media dari -chapter3d.com-

Lulus sekolah menengah atas maupun kejuruan adalah hal paling lega, setelah perjuangan selama tiga tahun di masa-masa kamu menginjak dewasa, jangan lupa ucap syukur atas pencapaian kamu sampai saat ini, dan perjuangan baru akan dimulai. Apakah kamu pantas untuk disebut sebagai Dewasa atau dewasa kelewat waktunya.

Masalah ekonomi di dalam keluarga memang gak akan selesai kalau cuma mengeluh, jadi buat kamu yang pengen nglanjutin kuliah, tapi belum ada biaya (inget ya belum ada) bukan gak ada (beda!!) , missal untuk masuk ke perguruan tinggi A, kamu butuh biaya untuk pendaftaran dan administrasi dan blablabla. JANGAN NYERAH..!! kalau kamu adalah orang yang beruntung, bisa jadi dapet beasiswa dan itu akan lebih  meringankan biaya kamu, tapi kalau gak dapet beasiswa, gak ada biaya dan pingin kuliah

Coba deh mulai terbuka dengan informasi diluar, nyari pekerjaan yang bisa menunjang pembiayaan kuliah kamu. Bikin target dengan penghasilan kamu dan jam kerja kamu berapa bulan biar bisa daftar di perguruan tinggi itu. Yang pasti pekerjaan yang halal, dan syukur-syukur yang bisa nambah ketrampilan kamu contoh : desainer baju, kerja di event organizer atau event-event budaya, bisa juga kasir di restoran, operator warnet, atau kalau kamu hobi curhat dan nulis jadi content writer, jaga distro atau butik, bikin usaha kecil-kecil an kaya jual makanan ringan atau minuman.

perjuangan ibu

media dari – www.youtube.com-

GAK BOLEH MALU, sob kalau kamu belum ada biaya dan kamu malu untuk membuka diri dan kerja di tempat umum ketemu orang banyak itu gak akan membantu kamu untuk menambah wawasan. Kalau kamu pilih kerja dulu, tentu harus tahu diri. Dunia kerja saat ini makin lama makin menyusut dan kamu harus bersaing dengan seabrek calon pencari kerja dari lulusan perguruan tinggi yang tiap tahun pasti ada da nada. Cobalah untuk mengingat tujuan kamu, tujuan kamu kerja adalah untuk biaya masuk kuliah.

perjuangan ayah

media dari -pede4edu.wordpress.com

WIRAUSAHA SIAPA TAKUT??.. yaa, buat kamu yang punya jiwa wirausaha kamu bisa kok mulai dari yang gak pake modal, missal jadi reseller produk apalah. Atau kamu yang udah ada modal, bisa juga coba dari usaha kuliner, clothing, atau usaha kreatif yang lain.

wirausaha muda

media dari -zams.net

KETIKA, kamu lulus SMA sebenarnya hal yang wajib kamu selesaikan adalah tanggung jawab atas pilihanmu. Apakah mau KULIAH ? atau KERJA?.. kalaupun Kuliah sambil kerja, itu juga gak ada jeleknya, justru disitu kamu belajar manajemen waktu, diri dan masa depan kamu.

Kuliah juga gak sekedar cari titel buat undang pernikahan kamu kelak, dunia perkuliahan membuka diri kamu untuk lebih mawas diri, bertanggung jawab, dan berinteraksi dengan banyak orang. Saat kamu kuliah, kamu akan lebih banyak belajar untuk mengambil keputusan, memang titel bagi beberapa orang sangat penting bahkan orang tua pun akan sangat bangga ketika anaknya menyelesaikan kuliah dengan nama yang ada titelnya.

Tapi Mingsri yakin, seyakin-yakinnya..

akan ada kebanggan tersendiri ketika kita mampu bertanggung jawab atas pilihan kita.

anak sma bisnis jual minuman

media dari masterberita.com

Dan, bagi yang pingin KERJA DULU .No problem..ada banyak hal baru, lingkungan baru, pengalaman baru setelah kamu lulus sma, dan layak untuk dicoba. Jiwa wirausaha kamu seolah-olah udah gak sanggup kebendung lagi dari waktu SMA, siapa takut?…banyak tempat untuk belajar memulai usaha, kamu bisa ikut komunitas, liat kondisi sekitar apa yang lagi hits dan apa yang lagi dibutuhin masyarakat, harus diinget.!!. Bikin rencana yang matang, jangan malu belajar, bertanya sama orang yang udah mulai wirausaha, baik yang udah expert atau yang baru aja, apa saja yang perlu disiapin. Pasang mental juara, karena gak ada sukses yang instan kaya suparmii instan, suparmi instan pun sampai saat ini masih berjuang diantara kompetitornya. GAGAL ??.. analisa, instropeksi apa yang bikin gagal, coba lagi, gagal coba lagi.

part time-

media dari -idntimes.com

KERJA tapi IKUT ORANG ?? alias karyawan?.. kenapa gak, asalkan halal.. jika itu jadi pilihan kamu bukan jadi masalah, ketika kamu bekerja menjadi karyawan kamu akan menemui banyak tipe orang, dari yang baik, setengah-setengah, menjilat, baik hati, selalu ingat. Tujuan kamu kerja untuk apa??.. tanggung jawablah dengan bidang pekerjaan kamu, lakukan dengan ikhlas dan niat yang tulus, dan selesaikan pekerjaan kamu.

Selamat menentukan pilihan, Semoga sukses dengan pilihan kalian..!! apapun itu pilihanmu, jangan pernah berhenti berusaha dan berkreasi.

Facebook Comments
2137 Total Views 3 Views Today

Top